Lutfianurmanda's Blog

SOAL DAN JAWABAN AKUNTANSI INTERNASIONAL

Posted on: June 9, 2014

Jumat, 06 April 2012

 

tugas 2

AKUNTANSI INTERNASIONAL

TUGAS 2

 

  1. Soal :
    Apakah perkembangan akuntansi mendahului/mengikuti pembangunan ekonomi suatu negara?

Jawab :

Iya. Penentuan perkenbangan akuntansi mengikuti pembangunan ekonomi suatu negara. Contohnya pada negara asia saat ini yang merupakan salah satu negara yang saat ini memimpin pasar asia yaitu China. Reformasi akuntansi yang dilakukan oleh china saat ini mencakup privatisasi, termasuk pengalihan perusahaan milik negara menjadi perusahaan swasta. Peraturan baru yang sedang diterapkan oleh negara ini telah dikembangkan oleh perusahaan- perusahaan yang baru diprivatisasi dan perusahaan-perusahaan yang independen dengan kewajiban terbatas, serta badan milik uasaha asing yang lebih dikenal dengan joint venture. Sehingga peran pemerintah saat ini tidak seperti dulu lagi yang memegang penuh kendali perekonomian china, tetapi pemerintah china saat ini hanya berperan sebagai pengawas perekonomian dan hanya ikut berperan di dalam perekonomian makro.

 

  1. Soal :
    Mengapa perusahaan Multinasional terlihat semakin bertanggung jawab kepada konstitusinya dan bukannya kelompok investor tradisionalnya?
    Jawab :

Karena perusahaan multinasional pada umumnya dalam hal pengungkapan akuntansinya didorong oleh perbedaan dalam tata kelola perusahaan dan keuangan. Contoh di amerika serikat, inggris dan Negara-negara anglo amerika lainnya, pasar ekuitas menyediakan kebanyakan pendanaan yang dibutuhkan perusahaan sehingga menjadi sangat maju. Di pasar-pasar tersebut, kepemilikan cenderung tersebar luas diantara banyak pemegang saham dan perlindungan terhadap investor sangat ditekankan. Sedangkan dikebanyakan Negara-negara lain, keemilikan saham masih tetap sangat terkonsentrasi dan bank secara tradisional menjadi sumber utama pembayaran perusahaan.

 

  1. Soal :
    Apakah dua tujuan besar untuk pasar berorientasi investor? Manakah dari tujuan ini yang menurut anda paling penting ? berikan alasan untuk jawaban anda?

Jawab :

Dua tujuan utama pasar untuk berorientasi investor yaitu : 1) agar investor dapat menerima informasi yang material pada waktunya. 2)  dapat dilindungi melalui pengawasan dan penegakan aturan yang efektif. Menurut saya tujuan yang paling penting yaitu perlindungan investor melalui pengawasan dan penegakan aturan yang efektif, karena dengan adanya pengawasan dan penegakan aturan dapat menghindari terjadinya tindakan criminal dalam hal pengungkapan informasi yang ditujukan kepad investor, hal ini bertujuan untuk meningkatkan keyakinan investor, yang akan meningkatkan likuiditas, mengurangi biaya transaksi, dan meningkatkan kualitas pasar secara keseluruhan.

 

  1. Soal :
    Sebutkan dan Jelaskan perbedaan antara tranlasi dan Konversi! dan berikan contohnya!
    Jawab :

Translation adalah proses pernyataan kembali informasi laporan keuangan dari satu mata uang ke mata uang lain.
• Isu kurs dikombinasikan dengan berbagai methode translasi yang dapat digunakan dan perlakuan “Laba/Rugi” translasi yang berbeda membuat perbandingan hasil-hasil laporan keuangan dari satu perusahaan ke perusahaan lain atau perusahaan yang sama dalam periode yang berbeda menjadi hal yang sulit.

Sedangkan konversi, memungkinkan adanya pertukaran fisik yang terjadi dan ada transaksi terkait yang terjadi.

                                     

  1. Soal :
    Apakah menggunakan lebih dari satu metode translas diperbolehkan? jika iya, metode mana yang dapat digunakan dan berikan alasannya!
    Jawab :

Terkait dengan pertanyaan pertama, jeals terlihat bahwa satu metode translasi saja tidak dapat memenuhi dengan sama translasi yang dilakukan berdasarkan kondisi yang berbeda dan tujuan yang berbeda. Jadi lebih dari satu metode translasi yang diperlukan.
Terdapat tiga pendekatan translasi yang berbeda yang dapat diterima yaitu : 
1. Metode historis : 
Objek translasi adalah untuk mengubah unit pengukuran laporan keuangan anak perusahaan luar negeri kedalam mata uang domestik dan untuk membuat laporan keuangan anak perusahaan luar negeri sesuai dengan prinsip – prinsip akuntansi yang diterima secara umum dinegara asal induk perusahaan maka tujuan ini dapat dicapai dengan menggunakan kurs nilai tukar historis.Prinsip temporal lebih disukai karena secara umum mempertahankan prinsip akuntansi yang digunakan untuk mengukur aktiva dan kewajiban yang awalnya dinyatakan dalam mata uang asing.
2. Metode kini
Merupakan translasi (penyajian ulang) secara langsung dari satu jenis mata uang kedalam mata uang lainnya. Metode kurs kini lebih teapt digunakan apabila akun-akun anak perusahaan luar negeri yang ditranslasika tetap mempertahankan mata uang lokal sebagai unit pengukuran :yaitu jika entitas asing dipandang dari sudut pandang perusahaan lokal. Translasi berdasarkan kurs kini tidak mengubah segala bentuk hunbungan awal dalam laporan keuangan mata uan asing, karena seluruh saldo akun hanya perlu dikalikan dengan suatu konstanta. Pendekatan ini berguna jika akun-akun perusahaan independen ditranslasikan untuk kepentingan pemegang saham luar negeri atau kelompok pengguna eksternal lainnya.
3. Tidak dilakukan translasi sama sekali
Dilakukan apabila tidak ada translasi yang memadai jika dilakukan antara mata uang yang sangat tidak stabil dan sangat stabil. Translasi dari satu mata uang itu ke yang lainnya tidak akan menghasilkan informasi yang bermakna meski menggunakan metode yang manapun. Jika suatu mata uang cukup tidak stabil sehingga membuat translasi akun tidak dapat dilakukan, konsolidasi laporan keuangan juga tidak dapat dilakukan. Translasi tidak diperlukan jika laporan keuangan perusahaan independen dikeluarkan diterbitkan benar-benar untuk tujuan pemberian informasi bagi para penduduk di negara lain yang berada dalam tingkat perkembangan ekonomi yang dapat dibandingkan dan memiliki situasi mata uang nasional yang dapat dibandingkan. Manajer iternasional yang efektif harus mampu mengevaluasi situasi dan mengambil keputusan yang menyangkut lebih dari satu mata uang.

6. Apa yang dimaksud dengan Harmonisasi dalam Akuntansi Internasional?

Jawab :

Harmonisasi merupakan proses untuk meningkatkan kesesuaian praktik akuntansi dengan menentukan batasan-batasan seberapa besar praktik-praktik tersebut dapat beragam.

7. Apa yang dimaksud dengan pengendalian kendali manajemen dalan akuntansi internasional?

Jawab :

Struktur sistem pengendalian manajemen merupakan komponen-komponen yang berkaitan dengan lainnya yang secara bersama-sama membentuk sistem. Struktur sistem pengendalian manajemen diperlukan oleh organisasi perusahaan karena menuntut semua perusahaan yang memasuki lingkungan tersebut memiliki kekuatan lebih untuk bersaing.

8. Bagaimanakah kondisi Harmonisasi Standar Akuntansi di Indonesia?

Jawab :

Indonesia sudah melakukannya namun sifatnya baru, harmonisasi dan selanjutnya akan dilakukan full adoption atas standar inetrnasional tersebut. Adopsi standar akuntansi international tersebut terutama untuk perusahaan publik.

9. Apa tujuan analisis pelaporan keuangan?

Jawab :

Tujuan analisis keuangan adalah untuk mengevaluasi kinerja perusahaan pada masa kini dan masa lalu, dan untuk menilai apakah kinerjanya dapat dipertahankan. Selain itu tujuan analisis keuangan adalah untuk menganalisis sejauh mana hasil yang dilaporkan perusahaan mencerminkan realitas ekonomi.

10.Sebutkan langkah-langah dalam melakukan evaluasi kualitas akuntansi suatu perusahaan!

Jawab :

(1)  Identifikasikan kebijakan akuntansi utama 

(2)   Analisis fleksibilitas akuntansi 

(3)   Evaluasi strategi akuntansi

(4)   Evaluasi kualitas pengungkapan

(5)   Indentifikasikan potensi terjadinya masalah

(6)   Buatlah penyesuaian atas distorsi akuntansi.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: